Skip to main content

DUA VARIAN BERAS GURAHIT

Bahan pangan Fungsional adalah bahan makanan yang mengalami proses pengolahan dan mengandung satu atau lebih komponen pembentuk yang mempunyai fungsi-fungsi fisiologis tertentu dan bermanfaat bagi kesehatan. Beras Gurahit memiliki fungsi fungsional terhadap kesehatan tubuh, misalnya padi Inpago Parimas yang menghasilkan beras dengan kandungan zat besi (Fe) 2-3 kali lebih besar dari beras-beras dipasaran, Varietas Unsoed  Protani mempunyai kandungan Protein 50% lebih tinggi dari beras-beras premium dipasaran dan Padi IPB 3s yang menghasilkan beras dengan kadar index glikemik 57 kategori pangan IG sedang pada interval bawah yang masih aman dikonsumsi penderita diabetes.

Padi-padi penghasil Beras Gurahit dihasilkan dari lahan-lahan Gurahit Agriculture diwilayah kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Produk Beras Gurahit hasil inovasi seorang Dokter Gigi yang juga praktisi dibidang pertanian diMajalengka yaitu Pridiana Oskandar drg, yang juga Founder Gurahit Agriculture, mulai dari pemilihan dan perlakuan benih, penanaman sampai paska panen semua dalam pengawasannya.

Founder Gurahit Agriculture sekaligus
Formulator SOP Metode padi Hayati Gurahit


Adapun metode yang dipakai untuk menghasilkan beras gurahit yaitu metode Hayati Gurahit ramah lingkungan dengan teknologi Gliocompost-nya Prof (Riset) DR.Ir. Ika Djatnika M.S. yang dimaksud dengan metode Hayati yaitu disertakannya penggunaan mikroba-mikroba pemacu pertumbuhan tanaman (PGPR) ke dalam lahan sawah sehingga populasi mikroba PGPR akan mendominasi dan membantu dalam pemulihan tanah dan juga memacu pertumbuhan tanaman. Berbeda dengan pola metode konvensional petani padi yang dalam memproduksi padi hanya mengandalkan nutrisi dari pupuk kimia anorganik semata dan penggunaan pestisida kimia.

Dengan adanya penggunaan mikroba dalam bidang pertanian maka sebenarnya kita sedang mengembalikan kesuburan tanah karena fungsi mikroba disini adalah menguraikan bahan-bahan organik jerami sisa panen dan pupuk kandang/Hewan bahkan dengan penggunaan mikroba juga akan mereduksi sisa-sisa logam berat ataupun residu kimia yang berasal dari Pestisida yang pernah dipakai dimusim-musim sebelumnya, terjaganya keseimbangan ekosistem dilahan adalah upaya melakukan pola budidaya padi yang sehat.

Kawasan Gurahit Agricuture I desa Gandu,
Dawuan - Majalengka

Sampai saat ini penanaman padi-padi penghasil Beras Gurahit hanya dilahan-lahan sawah milik Founder Gurahit drg. Pridiana Oskandar didesa Gandu, Kecamatan Dawuan, Majalengka dan diawasi langsung beliau disela-sela kesibukannya sebagai Dokter gigi diRSUD Cideres dan Apotek Al-Masoem Jatiwangi, untuk menjaga kwalitas beras yang dihasilkan maka itu stok terbatas dan belum bisa luas menjangkau ke berbagai daerah.

 

VARIAN BERAS GURAHIT

BERAS GURAHIT IPB 3S (Aman Diabetes)

Beras gurahit ini diambil dari varietas IPB 3s hasil karya pemulia tanaman padi dari kampus pertanian IPB, Bogor yaitu Dr. Ir. Hajrial Aswidinnoor, M.Sc, merupakan persilangan padi Indica unggulan koleksi IPB dengan padi Japonica, beras yang dihasilkannya mempunyai index glikemik kategori sedang 57 dan aman dikonsumsi penderita diabetes (Laporan PKM-P IPB, 2013).

Beras ini mempunyai kadar amilosa 21,6% lebih rendah dari padi-padi yang umumnya ditanam petani seperti ciherang, Inpari 32 ataupun IR64 yang artinya lebih pulen dibanding beras-beras yang dihasilkan oleh varietas inpari 32, Ciherang dan IR64, makin rendah kadar amilosa maka makin pulen nasi yang dihasilkannya.


Sosok Padi IPB 3s dilahan
Gurahit Agriculture

Beras ini merupakan unggulan beras gurahit dalam hal rasa dan tekstur, memiliki warna beras/nasi yang putih alami, dalam panennya menggunakkan mesin combine Harvester dan langsung ke penjemuran sehingga tidak ada penangguhan atau jeda dari pemotongan padi ke perontokan padi seperti umumnya petani konvensional, karena hal kecil itu akan mengubah cita rasa nasi yang dihasilkannya.

Panen padi Gurahit dengan Combine Harvester

Padi IPB 3s penghasil Beras IPB 3s “aman diabet” adalah varetas pertama yang direlease Tim Gurahit karena waktu testimoni yang disebar waktu itu banyak yang menyukai tekstur dan rasa beras ini, diMajalengka sendiri konsumen yang mengkonsumsi beras ini dari berbagai kalangan diantaranya Dokter-dokter.

Beras Gurahit IPB 3S

 

BERAS GURAHIT PARIMAS (tinggi zat Besi)

Beras ini dihasilkan dari varietas Inpago Unsoed Parimas, inovasi pemulia tanaman padi tersohor dari kampus pertanian Unsoed peraih Indonesia Breedeer Award 2019 sebagai Pemulia Terbaik Bidang Tanaman Pangan, yaitu Prof. Dr. Ir. Suwarto MS. Beliau menciptakan varietas padi ini terinspirasi dari kajian Al-Quran yaitu surat Al-Hadiid : 25 :

“Sungguh, Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan bukti-bukti yang nyata dan kami turunkan bersama mereka kitab dan neraca (keadilan) agar manusia dapat berlaku adil. Dan Kami menciptakan besi yang mempunyai kekuatan, hebat dan banyak manfaat bagi manusia, dan agar Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya walaupun (Allah) tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat, Mahaperkasa..” (QS. Al-Hadiid:25)

Pidato beliau tahun 2012 dalam sidang pengukuhannya sebagai Guru besar Universitas Soedirman dengan judul “Memanen Matahari” (Biofortifikasi Besi pada Padi untuk mengatasi kelaparan tersembunyi) adalah pengantar terciptanya Inovasi cerdas dalam bidang pemuliaan tanaman padi.

Prof. Dr. Ir. Suwarto MS
Peraih predikat "
Pemulia Terbaik Bidang Tanaman Pangan"
Indonesia Breedeer Award 2019

Dalam beberapa literatur disebutkan kandungan zat Besi (Fe) dalam beras ini adalah 200% - 300% lebih tinggi dari beras-beras yang ada dipasaran saat ini, keistimewaan lainnya adalah rasa yang sangat pulen bahkan lebih pulen dari Beras Gurahit IPB 3s.

Beras ini mempunyai fungsi mengatasi kekurangan zat besi didalam tubuh (anemia), cocok untuk para wanita yang setiap bulannnya mengalami menstruasi, untuk pertumbuhan anak zat besi berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, konsentrasi dan daya ingat, untuk pembentukan otot olahragawan dan Ibu-ibu Hamil. Zat besi didalam tubuh adalah unsur utama pembentukan Hemoglobin sel darah merah. Zat Besi adalah mineral yang dapat melakukan banyak hal didalam tubuh selain disebutkan diatas juga berperan dalam dalam proses metabolisme tubuh, pertumbuhan dan perkembangan fungsi normal sel-sel tubuh, serta pembentukan hormon dan jaringan ikat.


 

 

Comments

  1. AJO_QQ poker (k)
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!! :d
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856 ;-)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Varietas Padi Huma yang ditanam Intensif dilahan Sawah, Unggul dalam Rasa dan Teksture

Setelah sebelumnya Beras Gurahit Index Glikemik 'sedang' direlease setahun lalu kini pada akhir Agustus 2019 Beras Go Gurahit  siap direlease. Setelah melalui tahapan budidaya dan testimoni berbagai kalangan akhirnya Tim Gurahit Agriculture siap melepas beras yang berasal dari varietas padi inpago Unsoed-1. Beras Huma Gurahit dalam kemasan 5kg Beras Go Gurahit dipilih pak Drg Pridiana Oskandar dengan meriset berbagai literatur tentang varietas padi Inpago Unsoed-1, varietas ini adalah hasil karya besar Prof. Ir. Totok Agung DH, Ph.D. dari fakultas pertanian Unsoed. Termasuk dalam varietas Inpago yang tahan kekeringan dan memang diciptakan untuk dibudidayakan dilahan kering/ladang/Huma, padi ini memiliki sifat amphibi dimana memiliki adaptasi yang luas baik itu dilahan kering ataupun dilahan Irigasi. Beras go gurahit sebenarnya memiliki sifat aromatik kalau ditanam didataran menengah - atas karena induk  persilangannya adalah padi varietas mentik wangi, dan be

Perlakuan Benih Padi IPB 3S untuk Lahan Gurahit

Untuk menghasilkan bibit tanaman yang baik dan bermutu tentunya kita harus memulai dari pemilihan benih yang berkwalitas. Ada beberapa langkah yang kami lakukan untuk penanaman padi IPB 3S metode hayati ini : 1. Memilih benih padi IPB 3S yang berlabel/bersertifikat.     Dalam hal ini kami memakai benih yang diproduksi perusahaan induk benih yang yang dibentuk oleh IPB yaitu  PT Bogor Life Science & Technology (BLST) yang berlabel ungu. 2. Seleksi Benih padi IPB 3S     Idealnya dilakukan seleksi benih dengan perlakuan air garam, berhubung kami belum sempat membeli garamnya maka dilakukan cuma dengan seleksi air saja. :), benih yang terapung dibuang. 3. Perendaman Benih IPB 3S     Benih padi biasanya tetap mengandung bibit-bibit patogen baik itu bakteri maupun jamur, untuk menghilangkannya sebenarnya ada cara sederhana yaitu dengan melakukan Hot water treatment, yaitu merendam benih pada pada suhu 54C selama 15 menit. Dan teknik yang kedua adalah perendaman denga

Review Beras Gurahit, Sipulen Penjaga Gula Darah Anda

Beras Gurahit index glikemik 'Sedang' adalah produk pertama Team Gurahit Agriculture yang ditanam didesa Gandu kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka Jawa Barat, dibudidayakan dengan metode Hayati Teknologi Gliocompost racikan Mikroba PGPR Prof Ika Djatnika dari Balithi. Beras Gurahit Rendah Glikemik Beras Gurahit Index Glikemik 'sedang' diambil dari padi varietas tipe Baru IPB 3S yang direlease oleh Pak  Dr. Ir. Hajrial Aswidinnoor, MSc. dari kampus IPB Bogor,merupakan persilangan padi Indica dan Japonica yang awalnya adalah diperuntukkan untuk mengatasi pelandaian produksi padi varietas Unggul Baru (VUB), sosok tanaman sangat istimewa karena memiliki tinggi diatas rata-rata padi varietas lain, daun lebar, dinding tanaman keras dan tebal sehingga tidak mudah rebah dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit.  Padi varietas IPB 3S penghasil beras Gurahit yang ditanam dilahan Gurahit Agriculture Bentuk beras panjang, sedikit chalk, warna bawaan putih